081331339072

Surabaya - Jawa Timur

JUALAN PULSA KINI MENJADI LEBIH GAMPANG !

Jumat, 06 Januari 2017

Kendala yang Sering Muncul Pada Penggunaan Software ALLCHIP



Berikut ini beberapa kendala dan pemecahannya dari penggunaan software ALLCHIP. Saya kumpulkan dan buatkan tool khusus agar pengguna semakin enak berjualannya.

1. MODEM YG TIDAK SUPPORT USSD

Permasalahan yg paling umum dan sering dijumpai, jadi solusinya adalah memastikan modem yg dibeli support pengiriman USSD atau minimal bisa cek pulsa lewat aplikasi bawaannya. Semakin hari semakin banyak jenis modem ataupun HP (yg diposisikan sebagai modem via kabel data) yang dapat dipakai untuk transaksi, hanya tinggal kombinasi system USSD nya saja perlu dicocokkan seperti tulisan saya disini.

Sampai saat ini modem yg belum terpecahkan adalah beberapa varian dari merek PROLINK , walau beberapa ada yg bisa digunakan terutama Modem Prolink yg memakai chipset Qualcomm.


2. PEMILIHAN COM PORT MODEM dan COM PORT TERKUNCI APLIKASI BAWAAN



Seperti contoh diatas saya menggunakan modem huawei hi-link E3131 dan didapatkan 3 jenis comport yaitu 2 di ports (COM & LPT) dan satu di Modems. Beberapa jenis modems menggunakan comport UI interface atau Command Port/AT Ports untuk eksekusi perintah AT COMMAND nya, namun beberapa modem jadul membuka semua komunikasi nya pada ports modems. Untuk modem dengan comport di modems sangatlah mudah (zte biasanya seperti ini) sehingga aplikasi bawaan dapat tetap hidup saat menggunakan ALLCHIP.

Akan tetapi hampir semua modem huawei menggunakan port UI interface dan ports ini tertutup oleh aplikasi bawaan Mobile Partner / Mobile Coonnect. Sehingga aplikasi bawaan modem butuh di tutup, bahkan beberapa harus ditutup via task manager kemudian dipaksa di close , kerena ketika di tutup manual maka modem otomatis di OFF oleh software bawaan.

Untuk mematikan AutoRun saat modem dicolokkan (modem huawei) harus dirubah dibagian services seperti gambar dibawah.


Sedangkan untuk modem selain huawei yg memilki fasilitas autorun, cukup me-rename saja folder aplikasi bawaannya agar tidak bisa di run.


3. REPLY SMS YANG TIDAK AUTO


Permasalahan ini umum terjadi jika menggunakan HP sebagai modem atau menggunakan Modem wavecom bahkan beberapa modem yg melakukan penyimpanan SMS di Komputer. Solusinya adalah dengan melakukan setting melalui serial terminal (putty) , yaitu AT+CPMS untuk merubah  penyimpanan SMS dan AT+CNMI sehingga modem dapat menampilkan report sms yg diterima.

contoh settingnya seperti berikut ini :


Bisa dilihat bahwa media penyimpanan SMS bisa di "SM" sim atau "ME" mobile equipment (HP atau komputer untuk modem) sehingga perintah yg dikirimkan : AT+CPMS="SM","SM","SM" . Dari reply modem bisa dilihat kalau kapasitas SIM :0,10 yang artinya sim terdapat 0 SMS dari maksimum 10 SMS.

Perlakuan selanjutnya terhadap modem adalah melakukan auto report sms masuk melalui perintah AT+CNMI=2,1,0,0,0 . Kombinasi ini bisa berubah seperti untuk modem wavecom seperti AT+CNMI=1,1,0,0,0  atau pada HP china AT+CNMI=3,1,0,0,0 .Hasilnya ketika modem dikirimi sms hasilnya seperti ini.


Report diatas diartikan bahwa ada SMS masuk disimpan di SIM memory 0.

Jika kesulitan menggunakan putty jangan khawatir sudah saya bikinkan executornya dan bisa di download disini.

Jadi jalankan software diatas setiap kali menyambung/colok modem atau saat restart HP. Untuk modem wavecom  setting dapat disimpan selamanya dengan memberikan perintah melalui putty :  &w   .


4. MEMORY SMS DI CHIP YANG SANGAT SEDIKIT

Seperti penjelasan sebelumnya diatas bisa dilihat bahwa chip XL saya hanya memiliki kapasitas memory sms maksimum 10 biji. DIKIT AMAT !! padahal ketika saya  mendesain software ALLCHIP saya menggunakan chip TSEL yg memiliki maksimum SMS 40. Alhasil banyak keluhan dari pengguna chip DOMPUL yg transaksinya ter-report GAGAL walaupun pulsa yg dijual masuk ke pembeli. Hal ini terjadi karena SMS di chip dompul penuh. Untuk itu ubahlah file  bernama "jum.imp" menggunakan text editor / notepad dan ubah nilai maxdel dengan nilai dibawah jumlah sms maksimum dari chip.


Jangan lupa jika SMS chip sudah penuh maka pindahkan chip ke HP lalu bersihkan isi SMS di chipnya. Jika menggunakan putty masukkan perintah AT+CMGD=0,4 atau seperti penjelasan sebelumnya sudah ada perintah delete semua sms AT+CMGD=0,4 sehingga saat awal menghidupkan modem semua SMS di chip akan dihapus.


MUDAH BUKAN ?

1 komentar:
Tulis komentar
  1. Kakak Makasi Infonya yah.... semoga kakak mudah rezeki dan sehat selalu amin...

    BalasHapus

Mau Software Inovasi Dari Kami Untuk Administrasi Laundry ? Silahkan Kunjungi www.kasirlaundry.com
Join Our Newsletter