081331339072

Surabaya - Jawa Timur

JUALAN PULSA KINI MENJADI LEBIH GAMPANG !

Senin, 31 Oktober 2016

Pictogram : Kisah Software ALLCHIP dalam gambar



Sejarah perkembangan dunia selular di Indonesia dimulai sekitar tahun 80an ketika jaringan telpon AMPS muncul di beberapa kota besar. GSM muncul tahun 94 dengan satelindo dan telkomsel berikutnya XL. Saat itu system pembayaran tagihan menggunakan system pascabayar. Inovasi dilakukan melihat kecenderungan masyarakat indonesia yg ekonominya kebawah jarang bisa membayar tagihan yg saat itu dianggap mahal. Munculah produk pasca bayar yang lebih ramah dompet. Pembelian kredit "balance" telepon atau lebih terkenalnya dinamakan pulsa melalui ATM bank atau membeli voucher gesek.
Perkembangan selanjutnya adalah dengan munculnya produk voucher elektrik dan chip pulsa yg dikeluarkan oleh Operator. Para pebisnis pun memanfaatkan peluang ini dengan mendirikan "server Pulsa" yang bertindak sebagai jembatan antara pengecer dan operator tentunya juga server pulsa memiliki kekuatan modal untuk membayar deposit ke operator seluler. 

Para server pulsa akan menjual ke para agen dengan system transaksi menggunakan SMS dan pada jaman sekarang yg serba online muncullah transaksi menggunakan messenger seperti ym, jabber, telegram dan aplikasi android. 

Pada tahun 2011 penulis mendapatkan sebuah permintaan dari rekan penjual pulsa mengenai keluhannya kepada pegawai di konter pulsanya. Sering terjadi kesalahan input dari pegawainya yg menyebabkan komplin dari pembeli dan tentunya pembeli tidak mau tau akan kesalahan pegawai. Rugilah akhirnya ....

Kreasi pertama  yg dibuat penulis adalah versi sms menggunakan HP china / MTK sebagai modem (bisa dibaca disini) dan tanggapan pun beragam ada yg senang ada yg mencemooh. Tapi penulis tetap pantang menyerah dengan mengembangkan kembali versi MKIOS dan DOMPUL untuk memenuhi permintaan pengguna yg menganggap MKIOS dan DOMPUL lebih murah daripada ikut server all operator.


Tahun berganti dan software ini jarang di sentuh lagi karena kesibukan penulis, dan ketika ada kesempatan saat jeda proyek tak sengaja ikutan forum-forum facebook yg membahan server pulsa dan perkembangannya. Terkejutnya saya terhadap praktek penipuan yg marak terjadi dan system penjualan pulsa yg mengarah ke MLM (walau sudah ada sejak dulu tapi kini makin masive ) . 

Saya teringat dulu sebelum tahun 2010 ada iklan berbau MLM di TV lokal jatim yg menawarkan produk pulsa seluler, pln, ppob bahkan agen gas. Iklannya yg dalam bentuk talk show ini hampir tiap minggu ditayangkan secara LIVE. Entah kenapa beberapa tahun kemudian sang bapak yg dengan gayanya "berjenggot ala kiyai" itu dikabarkan ditangkap akibat kasus penipuan. Tentu saja ketika piramida MLM nya roboh maka yg di piramida atas dengan gampangnya melarikan diri sedangkan yg ada pada posisi downline bawah akan mendapatkan runtuhan kerugian yg cukup besar.


Ide muncul ketika ada yg mengkontak dan tertarik untuk mengembangkan kembali software-software yg saya miliki. Dimulai dari versi SMS yg diperbaharui cara sms nya (tapi sayang mau ngembangin android terkendala kemampuan coding) kemudian muncul juga rekues untuk mengembangkan lagi software YM ketika ym nya akan diupgrade sehingga tidak bisa digunakan transaksi pulsa lagi. Versi yg dikreasikan adalah versi PIDGIN multi messenger - multi server sehingga pengguna dapat menentukan akan "nembak" pulsa lewat server yg mana dan messenger yg mana.

Perkembangan selanjutnya adalah versi ALLCHIP dimana menggabungkan semua (4) chip transaksi operator yaitu MKIOS, DOMPUL, ISEV,dan VTRI kedalam sebuah software tunggal. Dengan software ini diharapkan memotong fungsi dari server pulsa dengan langsung bertransaksi menggunakan chip langsung ke operator. Disinilah keunggulan harga pulsa yg langsung dari operator umumnya lebih murah ketimbang harga dari MD yg tentunya melakukan mark up terlebih dahulu.


Perangkat yang dibutuhkan juga tidak terlalu mahal dan bisa memanfaatkan yg sudah dimiliki. Jika ingin ideal tentu bisa menggunakan layar sentuh sehingga transaksi full dilakukan pembeli dan nilai "HI-TECH" nya muncul.


Harapan semua penjual pulsa adalah sama yatu memperoleh pembeli sebanyaknya dan mengularnya antrian di konter pulsa. Ini tidak akan didapat tanpa pemahaman yang bagus mengenai perkembangan-perkembangan di dunia per "pulsaan" . Pemahaman ini akan menghindari diri dari para penipu yg berkeliaran di luar sana. Ingat ... PENIPU ADA KARENA ADA YANG MAU DITIPU .



Semoga software yg saya kembangkan ini dapat membantu meningkatkan pendapatan para UKM kios pulsa di Indonesia sesuai dengan moto kami dari awal :



"Dengan Semangat Memajukan UKM Kios Pulsa di Indonesia"

Tidak ada komentar:
Tulis komentar

Mau Software Inovasi Dari Kami Untuk Administrasi Laundry ? Silahkan Kunjungi www.kasirlaundry.com
Join Our Newsletter